Jumat, 27 Mei 2011

Usaha ≠ Sia-Sia

Gue mulai postingan kali ini dengan sebuah cerita yang amat pendek.
***
Suatu hari seorang anak bernama Line lagi-lagi gagal mendapatkan keinginannya. Tiap hari dia mendapat kesialan. Sampai suatu ketika, "Glegar". Line disambar petir dan tak ada luka sedikitpun. Mustahil hal ini bisa terjadi, namun inilah sebuah keajaiban.
Esoknya dia menghadapi ulangan di sekolahnya, dan mendapatkan hasil yang tidak bagus. Sepulangnya dari sekolah, dia mampir ke taman tempat biasa dia bermain. Ketika itu dia mencoba mencari Semanggi berdaun 4 yang diminta ibunya ketika sedang bercanda. Setelah lelah seharian mencari Line menemukannya dan segera berlari pulang untuk memberikannya kepada ibunya tercinta.
Namun apa yang terjadi di jalan? Dia berlari sekuat tenaga dan tersandung di jalan yang berlubang. Semanggi berdaun 4 itu terjatuh dan diterbangkan angin. Dia mulai kecewa dan segera pulang ke rumah. Ibunya heran melihat wajah Line yang biasanya tersenyum ketika pulang berubah menjadi wajah yang sangat kecewa. Line menceritakan kejadian yang baru saja ia alami.


Line bertanya kepada ibunya, "Kenapa aku selalu mendapat kesialan? Setiap hal yang kulakukan selalu sia-sia".
Ibunya menjawab, "Kamu udah usaha belum?"
Line membalasnya, "Aku selalu berusaha Bu. Ketika aku mendapatkannya, aku pun menghilangkannya."
"Semua yang kamu lakukan tidak sia-sia nak, suatu saat nanti kau akan mendapatkan hasil dari usahamu itu. Kamu harus percaya kepada dirimu sendiri. Bayangkanlah kamu berhasil melakukan sesuatu", jawab ibunya.

Esoknya Line membanyangkan keberhasilannya dalam mendapatkan nilai 100 untuk ulangannya pada hari itu, serta dia membayangkan mendapat semanggi berdaun 4 untuk ibunya. Usai pulang, dengan bangga dia berjalan ke arah taman tempat ia akan mencari daun semanggi. Tak lama dia pulang ke rumah dengan wajah yang sangat-sangat-sangat ceria. Ibunya heran dia terlalu ceria.
Line memberikan kertas hasil ulangannya yang untuk pertama kalinya 100, dan hanya dia mendapatkan nilai tertinggi. Sedangkan teman-temannya hanya mendapat nilai maksimal 80. Serta Line memberikan semanggi berdaun 4 kepada ibunya. Ibunya kaget
.
"Ini semanggi berdaun 4?", kata ibunya.
Line menjawabnya, "Tentu saja Bu. Ibu tidak percaya?"
"Bukan tidak percaya. Ibu hanya heran, kenap kamu bisa mendapat sebanyak ini?", tanya ibunya bingung.
"Ini belum seberapa, aku hanya mengambil sebagian. Hari ini aku melihat semanggi berdaun 4 lebih banyak dari ini.", jawab Line polos.
"Kamu hebat sekali nak. Nilai ulanganmu akhirnya mendapatkan nilai yang bagus, dan kamu juga memberikan semanggi berdaun 4 ini sama Ibu.", puji ibunya.
Line membalasnya, "Ini bukan apa-apa Bu, benar kata Ibu, aku harus percaya kepada diriku sendiri. Hanya berusaha tanpa percaya itu menurutku sia-sia. Berusaha, serta percaya dan berdoa itulah hal yang sangat berguna. Mulai sekarang aku akan berusaha mendapatkan semua yang aku inginkan lewat usahaku, dan aku akan selalu percaya kepada diriku sendiri."

Setelah hal itu, Line selalu mendapatkan keinginanya dalam meraih sesuatu dengan prinsipnya yang kokoh, usaha, percaya, dan tak lupa berdoa. Suatu hal yang luar biasa.
***
Dari cerita diatas, mungkin suatu hal yang mustahil. Tapi sebenarnya itulah yang selalu kita lupakan, dan sedikit dari kita menyadarinya. Gue buat cerita di atas untuk ngingetin kita semua terhadap kepercayaan diri. Hal ini benar terjadi, dan Gue udah buktiin itu. Senarnya Gue dapet ilmu ini dari temen Gue yang jauh lebih berhasil. Dia ngasih tau hal tersebut, dan hasilnya very good.
Dan Gue punya kesimpulan untuk kita, "SELALU BERUSAHA SERTA YAKINLAH BAHWA KITA AKAN MENDAPATKANNYA DAN BERDOA"
Gue jamin kalo Loe serius dalam keyakinan diri, Loe bayangin Loe berhasil, dan Loe berdoa kepada-Nya pasti keinginan Loe terwujud. Mungkin bukan saat ini, tapi nanti. Bisa saja besok, lusa, minggu depan, bulan depan, tahun depan, tergantung dengan cara kita berpikir.

"SEMUA ADA DI PIKIRANMU, KAU YANG MENGENDALIKANNYA"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar